Jumat, 07 Januari 2011

Peranan UMNO dalam Memperjuangkan Kemerdekaan MALAYSIA

A. Kembalinya Inggris ke Tanah Melayu

Inggris Mencari Jalan meluaskan wilayah jajahannya di tanah melayu, Kesempatan itu datang ketika Siam yang ragu-ragu pengembangan kuasa British dan Perancis membuat Perjanjian Bangkok 1909 yang memindahkan semua haknya di Kedah, Perlis, Terngganu,dan Kelantan kepada British. Inggris berjaji tidak akan ikut campur di Siam. Dalam hasil perjanjian ini inggris dapat melakukan perluasanmelalui sistem residen ke negeri Kelantan pada 1910, Terengganu pada 1919, Kedah pada 1923 dan Perlis pada 1930. Namun tidak semua negeri melayu bergabung dan mereka disebut (Unfederated Malay State). Pada tahun 1920 dan 1930 inggris mencoba menggabungkan negeri melayu namun usaha itu gagal.

Pada dasarnya Inggris berhasil menguasai seluruh tanah Melayumelalui sistem Residen atau ‘indirect rule’namun itu belum membuat inggris puas. Untuk menyempurnakan impiannya berkuasa penuh secara ‘de jure’ atas seluruh begeri melayu, inggris mengutus Harold Mac Michaelpada tahun 1946 untuk meminta raja-raha melayu menyerahkan kuasa penuh kepada Inggris, dan bersatu di bawah konstitusi Malayan Union.

B. Reaksi Malaya dan Keterkaitan UMNO di Dalamnya

Namun berdirinya Malayan Union mendapat reaksi keras dari masyarakat Melayu deng membentuk UMNO (United Malays Natiopnal Organization) dengan tujuan mempertahankan hak-hak dasar bangsa melayu dan menentang Malayan Union. Namun Golongan Feodalis yang ingin mempertahankan kedudukan raja melayu dan pro inggris menguasai UMNO. Akibatnya kelompok nasionalis keluar dari UMNO seperti MNP (malay nationaistl Party), AMI (angkatan Muda Insyaf), Awas (angkatan Wanita Sedar) dan gerakan lain yang sealiran.

Pada akhir tahung 1946, UMNO dan inggris membuiat rancangan Undang-undang Dasar. Rencana Pembentukan Majelis Persekutuan Tanah Melayu (22 Melayu, 14 China, 5 India, 7 Eropa, 1 Sailan, 1 Eurasian dan ketua majelis itu adalah Komisaris tinggi inggris yang memiliki Hak Veto). Untuk menandingi undang-undang yang di buat UMNO dan Inggris PUTERA(Pusat Tenaga Rakyat) yang dipmpin oleh Iskak Haji Muhammad (gabungan dari MNP, AMI, PETA(Ikatan Pemuda Pembela Tanah Air), AWAS) dan AMCJA (All Malayan Counci Join Action) dipimpin oleh Tan Cheng Lock, membentuk Rancangan UUD tandingan, namun gagal karena ditolak oleh inggris.

C. Peranan UMNO dan Organisasi Lain Menuju Kemerdekaan Malaysia

Pada Februai 1948 Malayan Union di bubarkan diganti dengan nama Federasi Malaya atau Federation Of Malaya(hasil kompromi Inggris dengan UMNO). Di bentuknya organisasi ini di anggap sebagai kemenangan rakyat melayu untuk mengembalikan kedauklatan raja melayu di negeri masing-masing. Namun pada dasarnya yang lebih berkuasa adalah penjajah biarpun gagal menguasai tanah melayu sepenuhnya, namun mimpi inggris menyatukan melayu dibawah kekuasan pemerintah puasat tercapai. Meskipun gagal dengan Malaya Union namun kini inggris telah membentuk penjajahan baru dengan menggunakan Persekutuan Tanah Melayu. Karena isi dari Federation of Malaya sendiri adalah:

· Kedaulatan raja dikembalikan

· Pemimpin tertinggi.high Comissioner.Singapura sebagai Crown Colony

· Semua Kerajaan Malay adalah anggota federasi

Namun karena ketidak puasan rakyat melayu munculah MCA (Malayan Chinesse Assosiation) dan MIC (Malayan Indian Congres), bersama UMNO mengadakan reaksi terhadap pemerintahan inggris. Pasda januari 1951, Federasi Malaya disempurnakan menjadi pemerintahan bermentri, ketua UMNO Datuk Sir Onn bin Jaffar diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri. Dan diapun membentu IMP(Independence of Malaya) yang didukung oleh banyak partai.Kemudian setelah Datuk Sir Onn diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri, pada awal tahun 1952 UMNO dibawah kekuasaan Tengku Abdul Rahman, setelah itu pada Februari 1952 terjadi persekutuan antara UMNO dan MCA, dan pada 1953 MIC pun ikut bergabung didalamnya.sehingga menyebabkan runtuhnya IMP dan Datukl Sir Onn pun membentuk partai baru yaitu Partai Negara.

Setelah pergolatan yang tiada kunjung berakhir pada tahun 1955 diadakan pemilu di tanah melayu, pada pemilu tersebut Partai Persekutuan (UMNO) menang mutlak. Dan membentuk dewan menteri semmentara itu Tengku Abdul Rahman diangkat sebagai Menteri besar dan Menteri Dalam Negeri dari persekutuan Tanah Melayu. Kemudian pada tanggal 31 Agustus 1957 Malay sia mendapat kemerdekaan dari Inggris dengan status hak penuh memerintah sendiri di lingkungan Commonwealth,Dan sebagai Kepala negaranya adalah Tenggku Abdul Rahman.

SUMBER:

  • Penjajahan Malaysia oleh Dr. Abdul Rahman Haji Abdullah
  • Diktat "Sejarah Asia tenggara" oleh Danar Widyanta M,Hum

0 komentar:

Poskan Komentar